Studi Kasus CRM pada Perusahaan KFC

Aktifitas Perusahaan 


KFC merupakan restoran cepat saji franchise yang hak eksklusif waralabanya di pegang oleh PT. Fast Food Indonesia, Proses produksi yang di lakukan oleh PT. Fast Food Indonesia adalah mengolah bahan baku mentah berupa ayam dan bumbu rempah untuk diolah menjadi ayam goreng bumbu rempah yang berkualitas.

Identifikasi Supplier:

  Supplier Ayam: Wonohoyo Group, ayam yang sedang di supply sudah berbentuk potongan sesuai pesanan.
  Supplier Sayuran: Di Supply oleh outlet local yang berdekatan dengan lokasi cabang
  Supplier Sayur: khusus Di Supply dari Jakarta pusat yang di impor langsung dari kantor pusat
  Supllier Kentang: Di Supply dari luar negri (Kanada) yang kemudian masuk ke gudang di Jakarta
 Supplier Bumbu: Di Supply langsung dari Kentucky, USA
 Supplier Beras: Di Supply oleh supllier local untuk non organik sedangkan beras organik oleh kantor Jakarta Pusat.


Cara membangun hubungan dengan Supplier dengan cara:
-Menjalin Komitmen
-Membangun kepercayaan
-Menjalin komunikasi yang baik
-Membantu Finansial Pemasok


Cara membangun Hubungan dengan pelanggan:
-Memberikan promo menarik
-Mengadakan event berhadiah
-Memberikan reward bagi pelanggan setia


Bagaimana sehingga SCM bisa membuat proses produksi menjadi efektif dan efisien, karena dengan SCM bahan baku yang di Supply bisa di monitoring dan di control kualitasnya.

Strategy yang dipakai KFC
Kairetsu Network, yaitu meberikan uang kepada pemasok agar hubungan dapat terjaga serta kualitas produksi menjadi terjaga.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Supply Chain Management

Proteksi Aset Informasi