Input Device yang disesuaikan oleh Tubuh Manusia
Peralatan Input / Input Device digunakan untuk memasukkan data dan
program ke dalam komputer. Peralatan Input dapat digolongkan menjadi alat input
langsung dan alat input tidak langsung. Alat Input disesuaikan oleh pengguna
manusia / user, contohnya adalah apa yang kita terima dari luar kemudian
diproses oleh otak manusia sama seperti komputer.
Input Device digolongkan menjadi 2 yaitu alat input langsung dan alat input tidak langsung. Alat input langsung yaitu alat yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, seperti: papan ketik (keyboard), pointing device (mouse, touch screen, ligt pen, digitizer graphics tablet), scanner, sensor (digitizing camera), voice recognizer (microphone). Alat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses, seperti: keypunch melalui media punched card (kartu plong) dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk).
Keyboard:
Keyboard adalah piranti lunak
inputan berbentuk teks yang disesuaikan dengan jari user/ pengguna agar
memudahkan suatu pekerjaan.
Setiap keyboard mempunyai
susunan yang berbeda yaitu
1. Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY dibuat
berdasarkan layout mesin ketik. Dinamakan QWERTY karena tombol tombol huruf
QWERTY berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari
papan ketik. Keyboard QWERTY didesain sehingga key yang paling sering ditekan
terpisah sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat
mengetik.
2. Keyboard Alphabetic
Keyboard ini berdasarkan
alphabet bagi negara negara yang memiliki bahasa selain dari alphabet yang ada,
seperti Arab, Rusia, dan Cina. Bentuk keyboard ini sama dengan susunan keyboard
QWERTY, tetapi berbeda pada huruf di tombolnya.
3. Keyboard DVORAK
Keyboard ini dirancang
sedemikian rupa untuk mengurangi pergerakan jari. Susunan keyboard akan
menyebabkan tangan kanan memiliki beban yang lebih banyak dari tangan kiri
sehingga keyboard ini bisa meningkatan kecepatan 10-15% sekaligus dapat
mengurangi kelelahan pada saat mengetik.
Contoh gambar keyboard QWERTY:
Mouse:
Mouse komputer
merupakan perangkat keras yang termasuk dalam golongan perangkat input
(masukan).
Joystick
Joystick
adalah sebuah alat input komputer yang nampak seperti tuas yang dapat bergerak
ke berbagai arah, Joystick ini dapat mentransmisi arah sebesar dua ataupun 3
dimensi ke komputer. Alat ini biasa digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan
game dengan lebih sempurna.
Sifat dari Joystick:
- Membutuhkan
tempat yang sedikit
- Tidak
menggangu layar
- Harganya
murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game) seperti:
permainan pesawat, mobil balap, dan sebagainya.
Trackball:
Trackball berasal dari bahasa Inggris yang berarti peranti
petunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki
sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada mouse modern, yang
menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu
menggerakan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.
Sifat Trackball:
- Mudah dipelajari
- Membutuhkan sedikit ruangan (seperti Joystick)
- Salah satu piranti yang terefesien (dalam hal ketepatan dan
kecepatan)
Trackpoint
Trackpoint atau biasanya disebut dengan G-stick merupakan miniatur
dari joystick yang diletakan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya
dipakai bersama dua buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse. Track Point
dioperasikan cukup dengan satu jari dan tidak memerlukan ruang karena ditempel
pada keyboard.
Light pen
Light pen merupakan pena yang dapat memberi inforasi ketika di
tudingkan ke layar. Light pen sangat akurat karena dapat menandai pixel secara
individual sehingga dapat digunakan untuk memilih dengan cara yang lebih baik
dan juga dapat digunakan untuk menggambar.
Permasalahan pada Light Pen:
- Pena dapat menggagu layar
- Gampang rusak atau patah
- Melelahkan tangan
Touch Screen
Touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja
dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital.
Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan System
Operasi Komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri,
merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin
banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.
Keuntungan Touchscreen:
Keuntungan Touchscreen:
- Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus
- Baik untuk pemilihan menu
- Tanpa tambahan ruang untuk tempat kerja
Pengenalan Suara
Pengenalan ucapan atau Speech Recognition, adalah pengembangan
teknik membuat komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan.
Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan
memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan
sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu
perangkat.
Kata-kata yang diucapkan diubah bentuknya menjadi sinyal digital
dengan cara mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan angka yang kemudian
disesuaikan dengan kode-kode tertentu untuk mengidentifikasikan kata-kata
tersebut.
Hasil dari identifikasi kata yang diucapkan dapat ditampilkan
dalam bentuk tulisan atau dapat dibaca oleh perangkat teknologi sebagai sebuah
komando untuk melakukan suatu pekerjaan, misalnya penekanan tombol pada telepon
genggam yang dilakukan secara otomatis dengan komando suara.
Sidik Jari
Scanning sidik jari dilakukan dengan alat elektronik (dalam hal
ini mesin absensi sidik jari).
Hasil scanning lalu disimpan dalam format digital pada saat
registrasi atau enrollment atau pendaftaran sidik jari. Setelah itu, rekaman
sidik jari tersebut diproses dan dibuatkan daftar pola fitur sidik jari yang
unik.
Pola fitur sidik jari yang unik tersebut kemudian disimpan dalam
memory atau database. Pola sidik jari yang unik ini disebut dengan istilah
minutiae. Pada saat identifikasi, pola minutiae tersebut kemudian dicocokkan
dengan hasil scan sidik jari.
Sidik Jari sekarang dikembangkan dalam keamanan pengguna smartphone seperti android ataupun iphone yang dinamakan fitur fingerprint. Dengan fitur finger print pengguna dapat membuka handphone melalui jari pengguna sehingga mencegah orang lain melihat atau mencuri informasi pengguna.
Sidik Jari sekarang dikembangkan dalam keamanan pengguna smartphone seperti android ataupun iphone yang dinamakan fitur fingerprint. Dengan fitur finger print pengguna dapat membuka handphone melalui jari pengguna sehingga mencegah orang lain melihat atau mencuri informasi pengguna.
REFERENSI:
Official Site of Novrina - Gunadarma University
Komentar
Posting Komentar